5 Makanan Khas Kota Bandar Lampung

Tidak kalah dengan daerah-daerah lainnya Bandar lampung juga memiliki resep masakan rumah yang cukup beragam untuk kita coba satu-satu seperti:


1. Seruit
Seruit merupakan masakan khas lampung yang berbahan ikan tawar yang diolah dengan cara di goreng atau dibakar dan dibumbui. Dan untuk menikmati Seruit harus ditambahkan tempoyak, yakni durian yang sudah di awetkan dan dihaluskan, tak tetinggal pula untuk menambahkan beberapa jenis lalapan seperti kemangi timur, telor baker, jengkol, dan daun jambu monyet bahan bahan ini dicampurkan dan diaduk hingga menjadi satu. Dan seruit pun akan terasa nikmat jika disajikan dengan nasi hangat, dan jika kalian dilampung dan ketempat rumah makan yang bertuiskan pindang bisa dipastikan tempat makan tersebut menyajikan ramuan seruit, dan siahkan anda mencobanya dan rasakan sensasinya.

2. Gulai Taboh
Menu masakan yang satu ini merupakan olahan ikan yang dimasak dengan santan terkadang orang-orang sering menyamakan Gulai Taboh dengan sayur lodeh karna gulai ini juga dicampur dengan sayur-sayuran sperti, kacang Panjang, kacang merah, rebung, kol dan kentang. Akan tetapi jika disamakan dengan sayur lodeh tidak lah sama karena Gulai taboh ada ikan di dalamnya dan tentu dalam hal rasa bumbunya pun berbeda. Pada umumnya gulai taboh bisa ditemukan dalam acara-acara dilampung, dan acara kumpul-kumpul keluarga. biasanya gulai taboh menjadi makanan pendamping, tapi sekarang tidak hanya ada pada kedua acara tersebut Gulai Taboh sekarang tersedia di rumah makan yang ada di lampung yang dimana kalian bisa mencobanya.

3. Tempoyak
Tempoyak merupakan salah satu makanan khas lampung yang terbuat dari buah durian terpilih lalu difermentasi. Karna citra rasayang unik, tempoyak sendiri biasanya disajikan dengan nasi atau dijadikan bumbu masakan, dan bisa dimakan langsung juga, karena tempoyak mempunyai keasaman yang khas tak jarang orang-orang  saat pertamakali mencoba banyak yang tida kuat keasaman nya jika memakan secara langsung jadi Tempoyak ini bisa menjadi sebuah hidangan yang cukup lezat jika disajikan dengan beberapa laup lainya.

4. Gabing
Merupakan makanan yang cukup unik dari sebuah makanan khas lainya. pasalnya bahan utamanya merupakan batang kelapa muda dan daun kelapa yang masih muda. Karena bahan nya yang langka tepat nya sih susah untuk didapat karena kalian harus menunggu lima tahun lamanya, dan juga masyarakat telah berfikir kembali dari pada di tebang dan mati mending dibesarkan dan bisa di pakai secara berkala. Tapi tidak ap ajika kalian beruntung mungkin kalian bisa mencicipi Makanan gabing ini, pasal nya makanan yang beda dari lain ini terbilang cukup lezat untuk mencobanya dari batang kelapa lalu diolah dan dipasakdan dicampur dengan  bumbu opor yang mungkin kita hanya bisa merasakan nya hanya sekali saja.

5. Pisro
Pisro merupakan salah satu olahan ikan khas lampung yang sering disajikan sebagai makanan sehari-hari masyarakat Pepaduan. Dan mungkin kita bisa mencobanya pasalnya Pisro biasanya menggunakan ikan Betok sebagai bahan utamanya, karena ikan tersebut terkenal akan rasa nya yang gurih, bertekstur padat, dan memiliki daging yang tebal, dari ikan betok sehabis dibakar lalu diguyur denga kuah manis dari gula aren, dan campuran rempah-rempah yang membuat rasanya gurih, manis, dan pedas menjadi satu kesatuan yang cocok untuk kalian cob ajika kalian datang berlibur ke Kota Bandar lampung.
Previous PostPosting Lama Beranda